Cara Memilih Fire Alarm System Yang Benar

Cara memilih fire alarm system yang benar dan tepat bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi jika Anda ingin gampang, maka solusinya adalah dengan membaca informasi yang akan Kami informasikan. Karena Kami akan membantu Anda untuk dapatkan fire alarm yang tepat sesuai kebutuhan.

Hal ini tentu saja karena memilih fire alarm system tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan jenis bangunan, jenis penghuni dan juga jenis gedung. Berbeda ketiganya, tentu berbeda juga fire alarm system yang digunakan. Namun secara umum, ada dua jenis fire alarm system yang bisa digunakan. Dua jenis fire alarm tersebut yaitu :
cara Memilih Fire Alarm System Yang Benar


1.    System Konvesional
 

Fire alarm sytem konvensional adalah alarm yang menggunakan kabel isi dua untuk hubungan antar detector ke detector dan ke panel. Kabel yang dipakai tersebut umumnya kabel listrik NYM 2×1.5 mm atau NYMHY 2×1.5mm. Kabel inilah yang ditarik di dalam pipa conduit semisal EGA atau Clipsal. Pada instalasi yang cukup kritis kerap dipakai kabel tahan api (FRC=Fire Resistance Cable) dengan ukuran 2×1.5 mm, terutama untuk kabel-kabel yang menuju ke Panel dan sumber listrik 220V.

Dikarenakan memakai kabel isi dua, maka instalasi ini disebut dengan 2-Wire Type. Selain itu dikenal pula tipe 3-Wire dan 4-Wire.

Untuk jenis dari fire alarm system ini sendiri, terdiri beberapa jenis. Jenis fire alarm system konvensional tersebut antara lain :
  • Smoke Detector, atau detektor asap adalah alat yang berfungsi mendeteksi asap. Alat ini bekerja ketika terdeteksi asap dengan segera mengirimkan sinyal sehingga fire alarm berbunyi.
  • Heat Detector, adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi terjadinya perubahan energi thermal (panas) yang diakibatkan oleh adanya api. Detektor panas ini memiliki dua type yaitu detektor dengan batasan suhu yang tetap, dan detektor yang mendeteksi peningkatan suhu secara seketika.
  • Flame Detector, adalah alat yang berfungsi mendeteksi adanya kobaran api. Di dalam flame detector ini memiliki tiga jenis type yaitu sensor optik, ionisasi dan thermocouple.
  • Gas Detector adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi kebocoran gas yang kerap terjadi di rumah tinggal. Alat ini bisa mendeteksi dua jenis gas yaitu (LPG : Liquefied Petroleum Gas, LNG : Liquefied Natural Gas).

2.    System Addressable

System addressable, adalah system pada fire alarm yang lebih modern dibandingkan dengan system konvensional. Hal ini karena system ini kontrolnya lebih fleksible dan informasi yang didapat lebih banyak karena alat ini di kembangkan menggunakan mikrokontroller. Fire alarm system jenis addressable ada 2 macam :
  • Semi addressable
  • Full addressable
Apapun merk dan tipe serta jenis dari fire alarm system yang digunakan, tentunya fungsinya berbeda-beda. Anda bisa sesuaikan terhadap kebutuhan Anda, karena berbeda jenis alarm tentunya berbeda fungsi yang didapatkan. Tapi ketiga jenis tersebut tujuannya tentu unuk meningkatkan safety di perusahaan ataupun di rumah Anda dan bangunan lainnya.

Jika Anda bingung menentukan pilihan yang tepat, Anda bisa tanyakan pada Kami. Kami Karya Cipta Alarm sedia berbagai jenis fire alarm yang bisa Anda pilih dengan berbagai kebutuhan Anda. Tim Kami juga siap melayani untuk konsultasi pemilihan fire alarm yang tepat untuk digunakan di tempat Anda.

Untuk itu, segera konsultasikan pada Kami untuk pembelian fire alarm yang Anda butuhkan sekarang juga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages